FOKUS!

Kita sering memiliki target dalam hidup, tapi sering juga target itu belum berhasil kita raih. Atau lebih parah lagi, kita menargetkannya, tidak berusaha mencapainya dan akhirnya berakhir 'wacana'.

Saya teringat akan sebah quote menarik,
"We can do everything, if we are not trying to do everything"
Kita bisa melakukan apa saja, kalau kita berhenti untuk mencoba melakukan semuanya.

Selama ini ketika kita telah menargetkan sesuatu yang besar dan membutuhkan persiapan panjang untuk mencapainya, kita sering tergoda. Dan saya baru menyadari hal ini sering sekali terjadi pada diri saya.

Saya merasa saya sangat mudah dibelokan oleh sesuatu yang menarik. Menjadi lupa dan jauh dari target. Saya ikut lomba. Saya ingin main ke sana. Saya ingin studi banding ke universitas ini. Saya ingin diskusi dengan Bapak ini. Saya ingin ikut ini itu. Meskipun secara sekilas terhilat bagus, tapi kita tetap harus memfilter keinginan itu untuk mencapai target kita.

Maksud saya, pasti ada diantara kita yang berfikir, misalnya untuk mengikuti sesuatu acara, sebut saja lomba, sedangkan target kita bukan itu. Ikut lomba adalah sesuatu yang bagus. Kita bisa belajar banyak dari sana. Dapat berbagai pengalamana, banyak kenalan, apalagi kalau sampai menang. Poin plus banget tuh. Tapi kembali lagi, apa target kita? Ikut lomba pasti akan menguras banyak waktu dan tenaga, jadi bagaimana target kita?

Itulah yang saya maksud. Dan selama ini saya tidak pernah berfikir demikian. Tiap ada sesuatu yang baru dan menarik, saya pasti ingin mencobanya. Padahal sebenarnya itu belum tentu hal yang baik dan benar untuk dilakukan jika kita ingin mencapai target.

Kita harus fokus pada target kita dan mulai mengesampingkan hal-hal yang mengganggu. Bahkan hal-hal yang bersifat refreshing, semacam nonton film atau nongkrong-nongkrong gajelas dengan temen. Jika kita ingin mewujudkan banyak target, kita harus mengurangi hal-hal gak penting semacam itu.

Mengurangi loh ya, bukan menghilangkan. Kurangi saja kalau itu dirasa berlebihan dan menguras waktu. Tapi kalau kita merasa itu terlalu sayang untuk dikurangi, tidak rela untuk mengurangi waktu bersosialita dengan teman-teman, yah terpaksa kita harus mengurangi waktu pribadi kita. Dan yang saya maksud disini adalah waktu tidur. Selalu harus ada yang dikorbankan nak untuk mencapai sesuatu.


Salam mencapai target!



Edo Belva Firmansyah
Mahasiswa kebanyakan wacana

Komentar

Postingan Populer